Dasar Penggunaan Editor Vi

Senin, 19 Oktober 2009
Editor VI merupakan editor berbasis layar yang digunakan oleh banyak pemakai UNIX. Berbasis layar berarti teks yang akan disunting ditampilkan dalam sebuah layar dan pemakai dapat menggerakkan kursor pada bagian layar yang ingin diperbaiki.
Jika kita menggunakan editor VI untuk pertama kalinya, mungkin kita akan mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan karena perintah-perintah pada editor VI harus dihafalkan. Pada editor VI tidak terdapat menu-menu seperti pada editor PICO, sehingga ada kesan bahwa editor VI tidak user-friendly. Akan tetapi editor VI merupakan editor teks standar yang ada pada setiap sistem operasi UNIX. Jadi kita harus mengetahui dasar-dasar penggunaan editor VI untuk berjaga-jaga seandainya editor teks yang biasa kita gunakan tidak tersedia pada sistem operasi UNIX yang kita gunakan.


 Untuk lebih detailnya silahkan download tutorial dari Kang Onno...










5 komentar:

  • amiral

    Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.

    Detail, mungkin bisa dilihat disini bro. http://id.wikipedia.org/wiki/Unix

    Bagus blognya, apa lagi kisah HP hilang. :D
    Tapi kok komentarnya dikunci... :?

  • Muhammad RaQib

    thanks info ny.,.!!!

    tukeran link yu.,.=p

  • Muhammad RaQib

    bro,g posting tentang android nich?

  • Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan pesan, atau komentar anda. saya menghargai komentar anda