Meracuni Dengan Googlewave

Senin, 07 Desember 2009
google_waveDitengah kesibukkan mempelajari android, minggu ini saya juga melakukan sedikit gerakan untuk mengajak teman-teman kampus mengetahui tentang teknologi baru dari google dimana belum banyak dari mereka yang mengetahuinya. Berawal dari pesan di googelwave bahwa saya diberi kesempatan untuk dapat menginvite orang lain. Menjadi informasi yang mengembirakan bagi saya, karena setelah 2 minggu saya terdaftar di googlewave baru mendapatkan pesan ini.

Invite others to Google Wave

Google Wave is more fun when you have others to wave with, so please nominate people you would like to add. Keep in mind that this is a preview so it could be a bit rocky at times.


Invitations will not be sent immediately. We have a lot of stamps to lick.


Happy waving!
Seperti yang sudah saya sampaikan pada tulisan sebelumnya, bahwa googlewave ini tidak akan berguna kalo kita tidak memiliki lawan bicara. Ya, sejak saya terdaftar dalam googlewave belum banyak yang saya pelajari dari teknologi ini, maklum untuk lawan ber-waving belum banyak orang yang saya kenal. Sehingga untuk mencobanyapun saya ragu ke orang yang tidak akrab. Oleh karenanya invite-an ini menjadikan saya seperti orang yang menemukan teman ditengah hutan. Tapi sayang, untuk invite ini google hanya memberikan 8 orang saja bagi saya untuk dapat mengajak ke googlewave. Sedikit kecewa memang, sehingga saya harus pilah pilih teman2 mana saja yang harus saya invite. Tidak habis pikir saya untuk mensiati agar banyak teman2 yang dapat saya invite ke googlewave. Saya mencoba memanfaatkan account google saya yang lain agar dapat menginvite lebih banyak lagi. Layaknya seperti Multi Level Marketing (MLM), saya hanya menginvite beberapa teman dari masing-masing kelompoknya yang seterusnya nanti akan menginvite yang lainnya.


Sebagai bentuk tanggung jawab karena telah meracuni teman-teman yang lain. Saya akan sedikit memberikan panduan mengenai googlewave biar nanti dikemudian hari tidak bingung. Oke silahkan disimak.


Memulai


Sebelum kita memulai tutorial ini, mungkin dapat terlebih dahulu menyaksikan video tentang google wave.





Seperti yang sudah saya sebutkan pada tulisan sebelumnya, kalau sistem pendaftaran google wave ini melalui invitasi dari Google atau dari orang lain yang sudah memiliki account google wave. Jadi ketika mendapat email invtite google wave dari teman atau google, silahkan baca detail pesannya dan kunjungin situs googlewave.


tampilan googlewave
Tampilan Awal Google Wave



Pada tampilan awal googlewave disebelah kiri terdapat Menu Navigasi dan Contacts. Di tengah terdapat tampilan utama googlewave. Dan disebelah kanan merupakan ruang untuk berwaving. Pada setiap bagian ini anda dapat di minimize sehingga jika ingin berwave dengan banyak teman menu navigasi, contacts dan tampilan googlewave dapat hilangkan.


Ketika pertama kali di inbox sudah terdapat pesan dari Doctor Wave yang berisikan sambutan dan tata cara menggunakan googlewave, dapat dibaca dan dilihat videonya. Selain itu (berbeda dari saya), saat ini untuk yang telah terinvite ke googlewave sudah dapat langsung menginvite orang lain. Tanpa perlu menunggu lagi, namun masih sama hanya terbatas untuk delapan orang saja yang dapat di invite. Anda tinggal memasukkan alamat email yang ingin di invite, tentunya yang memiliki account google. Oh ya, saya pernah mencoba untuk menginvite email selain gmail, yahoo mail misalnya. Tetep bisa dan email invite pun berhasil sampai, namun ketika diminta untuk login ke googlewave, kita tetap diharuskan untuk memasukkan account google. So, klo mau invite orang mending yang punya account google saja.


Pesan Invite
Pesan Invite

Waving


Bagaimana memulai sebuah wave ? - sebuah wave itu bisa berupa dokumen atau percakapan





Bagaimana membalas wave ? - kamu bisa membalas dimana saja dalam wave




Dapat juga menggunakan shortcut key Shift + Enter untuk membalas wave



Cara mengedit Wave? - Semua yang terlibat dalam suatu wave dapat mengedit setiap bagian dalam wave pada saat yang sama.



Bagaimana cara membaca bagian wave yang belum terbaca ? - Untuk dapat membaca pesan yang blm terbaca dalam wave, tinggal menekan tombol spasi.



Bagaimana menggunakan playback untuk mengulang wave? - feature playback memungkinkan kita untuk melihat sejarah/alur wave sebelumnya.



Bagaimana cara menambahkan file dan foto dalam wave? -Untuk dapat menambahkan file kedalam wave, pertama kita harus dalam mode edit wave, selanjutnya dapat dicoba langkah berikut:
  • Klik icon paperclip dan pilih file dari komputer, atau yang lebih mudah
  • Drag n Drop file yang diinginkan dari komputer ke wave, Untuk cara ini, pastikan browser yang anda gunakan sudah terpasang Gears.
Waving lebih menarik
1. Menambahkan smile

Untuk bisa menggunakan emoction di google wave, pertama add participant ini emoticonbot@appspot.com di kontak. Setelah di add :

  1. Tambahkan emoctiony dalam wave anda.
  2. tulis karakter emoctionnya di wave yg baru dibuat trus pencet shift+enter
  3. Untuk list karakter emoctionnya dapat dilihat disini
Anda dapat mengganti participant yang lain sesuai dengan selera anda.Untuk participant dapat dicari di mbah google

2. Menambahkan gadget
3. Bermain Game

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan, atau komentar anda. saya menghargai komentar anda