Menginstall Java di Ubuntu 10.04 (Lucid)

Minggu, 26 Desember 2010

Setelah cukup lama berkarya menggunakan Ubuntu 9.04 akhirnya hari ini saya putuskan untuk mengupgrade ubuntu saya menjadi 10.04 dikarenakan ubuntu yang sebelumnya terdapat kekurangan dan malahan error ketika saya coba upgrade Android ke versi 2.3, sehingga ada beberapa file yang belum di support, entah kenapa saya juga tidak tahu detail, yang pasti di beberapa situs menyebutkan memang untuk versi 9.10 ke bawah Android 2.3 tidak bisa di jalankan. Hal ini juga berimbas pada Android SDK saya secara keseluruhan, sehingga tidak bisa untuk membuat project android baru. :(

Melelahkan juga untuk pindah versi ini :(, Beberapa pengaturan harus di atur dari awal lagi, termasuk bagian dasar yaitu JAVA. Berhubung hanya sebagai "user biasa" ubuntu, cukup sulit bagi saya untuk menginstall dan konfigurasi java ini. Agar tidak terjadi hal-hal seperti ini lagi di kemudian hari saya tulis saja di blog ini. :)

Berikut cara-caranya:



Menginstall Online
1. Install phyton software
sudo apt-get install python-software-properties
2. Menambahkan repository
sudo add-apt-repository "deb http://archive.canonical.com/ lucid partner" 
3. Update Repository
sudo apt-get update
4. Menginstall Java dengan perintah
sudo apt-get install sun-java6-jdk

Menginstall Offline

1. Download file installer JDK untuk Linux. Download yang ekstensinya .bin.
2. Berikan permission execute pada file JDK denganperintah chmod +x <filejava>.bin
3. Lalu pindahkan file JDK tersebut ke folder /opt menggunakan terminal. Kita misalkan file JDK-nya ada di direktori /home/cipto, maka perintahnya : sudo mv /home/cipto/<filejava>.bin /opt
4. Anda akan diminta memasukkan password root, setelah itu masuk ke direktori /opt dengan perintah cd /opt
5. Selanjutnya kita instal file JDK-nya dengan perintah : ./<filejava>.bin
6. Lalu ketikkan perintah sudo gedit /etc/bash.bashrc di terminal.
7. Tambahkan perintah ini di baris paling bawah pada file yang muncul :
JAVA_HOME=/opt/Java/
export JAVA_HOME
PATH=$PATH:$JAVA_HOME/bin

8. Untuk memastikan bahwa settingan path-nya benar, anda ketikkan : echo $JAVA_HOME atau echo $PATH. Jika hasil dari JAVA_HOME adalah /opt/jdk/, berarti benar.
9. Kalau anda mau tahu, apakah JDK-nya sudah berhasil diinstal, coba anda ketikkan : java -version. Jika hasilnya seperti dibawah ini, berarti JDK-nya sudah terinstal

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan, atau komentar anda. saya menghargai komentar anda