Update Pidgin di Ubuntu

Selasa, 29 September 2009


Dalam berinternet tentu kita tidak lepas dari yang namanya Browsing dan Chatting. Dalam dunia Windows tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Yahoo messanger. Sementara dalam dunia Linux juga sudah tidak asing dengan aplikasi  Pidgin.
Nah.. biasanya versi Pidgin yang ada tidak update dengan versi yang terbaru untuk versi ubuntu, atau memang saat ini sudah muncul versi yang lebih baru. Karena untuk pidgin termasuk program pihak ketiga yang mana memang tidak akan diupdate oleh pengembang distro linux tersebut jika memang distro linux tersebut tidak mengeluarkan versi terbaru dari distro linuxnya. Bagaimana untuk updatenya??

Oke, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Download packet pidgin yang baru dari sini : http://www.getdeb.net/app/Pidgin, download sesuai versi ubuntu yang digunakan. Dan download semua data yang ditersedia (Pidgin, Libpurple, Libpurple-bin, Pidgin-data).
Didalam situs ini terdapat dua macam pilihan untuk setiap versi Ubuntu, 32 Bit dan 64 Bit. Saya sudah coba, rupanya untuk aplikasi yang 64 bit tidak bisa di Install pada Laptob saya yang i386.
2.  Setelah semua berhasil di download, sebelum menginstall pastikan Uninstall terlebih dahulu versi pidgin yang telah ada dilinux ubuntu. Caranya bisa dari synaptic, bisa juga dari command :
$ sudo apt-get remove pidgin
3. Setelah itu Baru install packet pidgin baru yang tadi sudah di download. Masuk ke folder dimana file tersebut berada dan ketikan :
$ sudo dpkg -i *.deb
4.  Selesai, selamat menikmati pidgin versi terbaru untuk ubuntu (saat ini versi terbaru  2.6.2). Oh iya settingan pidgin yang lama juga tidak hilang loh.. Jadi tidak perlu memasukan account baru lagi.

Oke, see you in next Tutorial. ^_^

1 komentar:

  • wah makasih ya bro... :)

  • Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan pesan, atau komentar anda. saya menghargai komentar anda