Googlewave...

Minggu, 22 November 2009
Google WavePagi ini saya bangun agak siangan, semalam begadang "merangkai mimpi" sama my dream :). Seperti biasa ritual saya di pagi hari, cari aktifitas yang menarik dan bikin semangat di pagi ini. Sejak kepergian Bejo, setiap pagi saya jadi suka bermain dengan Babun, sekedar cek-cek email dan melihat status temen-temen FB.

Ketika pertama kali milihat inbox email, seperti biasa ada beberapa email dari milis dan notification dari facebook, yang cukup menarik tapi kurang memberi semangat. Namun kita saya scroll ke bawah, Waw.... sesuatu yang selama ini saya tunggu-tunggu dan nanti2 akhirnya datang juga :D.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

wave-noreply Wilber Purwanto has invited you to preview Google Wave - Google Wave preview....

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Invite untuk bergabung Google Wave, benar-benar kejutan di pagi hari :D. Dengan semangat 45, saya langsung cepat2 bangun dan menyalakan Cipto untuk memastikan invite ini benar adanya. Berikut ini email lengkap yang saya terima...

Google wave
preview
Wilber Purwanto has invited you to preview Google Wave!
Google Wave is a new online tool for real-time communication and collaboration. A wave can be both a conversation and a document where people can discuss and work together using text, photos, videos, maps, and more. Learn more at wave.google.com.
This is still an early preview of Google Wave, so you may run into some bumps along the way but we look forward to your feedback.
To accept your invitation, sign into Google Wave at the following link*:
https://wave.google.com/wave/invite?a=pre&wtok=18617514f448aa7b&wsig=ABk8uhTULF8_ExOxRVwlleBkPXDfAMQu_w
(If you do not have a Google account, you will be prompted to create one)
Once you've signed in:

  • Check out the videos and example waves
  • Update your profile
  • Start waving!
Happy waving!
The Google Wave Team
For help, please visit http://www.google.com/support/wave
* This link will only work for one invitation to Google Wave, it cannot be shared!
Copyright 2009. Google Inc, 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043.
Saya bener-bener terima kasih banyak sama om Wilber karena udah dengan suka rela mau invite saya, thanks full Om, akhirnya saya bisa ber-wave ria :D.

Tentang Google Wave

Agak susah menjelaskan tentang google wave ini dalam bahasa indonesia, jadi saya kutip saja situs resminya ya
What is Google Wave?
Google Wave is a product that helps users communicate and collaborate on the web. A “wave” is equal parts conversation and document, where users can almost instantly communicate and work together with richly formatted text, photos, videos, maps, and more. Google Wave is also a platform with a rich set of open APIs that allow developers to embed waves in other web services and to build extensions that work inside waves.
Mungkin gambarannya seperti ini,Google Wave merupakan sebuah produk baru dari google yang membantu penggunanya untuk dapat berkomunikasi dan berkolaborasi di dunia web. Wave merupakan bentuk dari percakapan dan berbagi dokumen, dimana pengguna dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan rich text format, foto, video, peta dan banyak lagi. Google Wave juga merupakan platform yang kaya akan API sehingga memungkinkan pengembang untuk menanamkan wave dalam layanan Web lainnya serta dapat membangun ekstensi yang bisa bekerja di wave.

Inilah tampilan Wave
Inilah Tampilan Wave

Google Wave sendiri sebenarnya bukanlah pesaing Facebook atau situs jaringan sosial media lainnya. Google Wave adalah alat yang digunakan untuk berkolaborasi dalam menyebarkan informasi, dapat berupa teks, gambar, apapun. Sudah ada beberapa bot yang dibuat untuk Google Wave, di antaranya mengirim update status ke Twitter, ataupun menampilkan listing suatu item dari Amazon. Tapi tidak menutup kemungkinan, dengan adanya google wave ini situs jaringan sosial lainnya akan tersaingi. :)

Dari yang saya lihat kelebihan Google Wave adalah segala sesuatu yang kita lakukan itu real time. Kita bisa melihat teman menulis sesuatu huruf per huruf (ingat, bukan per kata atau per kalimat), bahkan jika iseng bisa langsung mengedit tulisan tersebut saat teman Kita belum selesai menulis kalimatnya. Satu “conversation” antara Kita dan teman itu disebut wave. wave bisa dilakukan oleh 2 orang atau lebih sesuai dengan yang kita mau.

Ke depannya, diharapkan akan ada semakin banyak “aplikasi” yang dibuat di atas platform Google Wave, contohnya kita bisa saja nanti main catur secara online di Google Wave, informasi tentang produk eBay dan Amazon di dalam satu screen, sehingga bisa jadi nantinya browser kita cukup membuka satu page saja.

Satu hal yang pasti, Google Wave ini tidak akan bekerja secara optimal jika kita tidak banyak punya Contacts (atau bahkan tidak punya Contacts sama sekali). Seperti sekarang saya masih mencari-cari kawan agar bisa memaksimalkan wave. Tapi memang saat ini undangan untuk mencoba Google Wave sangatlah terbatas. Satu orang biasanya mendapat jatah hanya 8 undangan, atau kalo tidak mau menunggu undangan silahkan daftarkan diri anda disini. Untuk saya sendiri belum bisa invite orang lain, Jadi buat yang belum dapat — dan ingin mencoba — silakan bersabar :).

Mungkin dari video ini sedikit menggambarkan apa google wave itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan, atau komentar anda. saya menghargai komentar anda